Sejarah, Rute Serta Keindahan Air Terjun Coban Rondo Malang Batu

Advertisement

Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang

http://www.wisatabromo.my.id/
Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang - Wisata Kota Batu Malang merupakan kota wisata yang terletak di jawa timur indonesia dan merupakan kota terbesar ke - 2 setelah kota surabaya, dengan banyak memiliki keindahan wisata dan menjadi tujuan liburan para wisatawan setelah wisata bromo dan wisata kawah ijen,

Kota batu malang terkenal dengan penghasil buah apel terbesar di jawa timur bahkan diindonesia dan ini juga dijadikan sebagai wisata edukasi untuk wisata study tour, ada juga wahana wisata buatan seperti Jatim Park dan Museum angkut serta wahana wisata BNS, dan kali ini wisatabromo.my.id akan membahas wisata alam bersejarah yaitu "Air Terjun Coban Rondo".

Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang menjadi salah satu ikon kota batu malang serta air terjun coban rondo juga menjadi wisata alam yang memiliki potensi yang sangat menarik untuk dijadikan kunjungan menarik ketika berada di kota wisata batu malang, air terjun coban rondo batu malang tepatnya berada di Desa Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Propinsi Jawa Timur.

Disini hawanya sejuk dan bahkan bisa dikatakan dingin untuk Anda yang kurang terbiasa dengan suhu dingin. serta mempunyai ketinggian kurang lebihnya sekitar 84 m dan berada diketinggian 1.135 mdpl.

Airnya berasal dari sebuah sumber yang terdapat di Cemoro Dudo, kawasan lereng Gunung Kawi dengan kapasitas air 150 liter tiap detik ketika musim hujan dan sekitar 90 liter tiap detik sewaktu musim kemarau. Curah hujan rata-rata adalah 1.721 mm/th, bulan basah pada bulan November sampai dengan bulan Maret dan untuk bulan kering pada bulan April sampai dengan bulan Oktober dengan suhu rata-rata lebih dari - 22°C


Sejarah Air Terjun Coban Rondo Batu Malang


Sebelum menjadi Coban Rondo, sebetulnya diatasnya ada air terjun kembar yang disebut Coban Manten. Mengalir ke bawah, air terjun itu menyatu menjadi Coban Dudo. Uniknya, Coban Dudo tersebut mengalir ke bawah menjadi Coban Rondo. Sumber air dari tiga air terjun tersebut berada di Kepundan, satu dataran yang tanpa pohon satu pun berada di atas Coban Manten. Mereka yang ingin melihatnya, selain harus berhati-hati juga perlu ekstratenaga. Sebab, selain jalan licin, juga cukup jauh antara 3-4 km.

Air Terjun Coban Rondo Batu Malang menyimpan legenda unik, bermula dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi, sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Setelah usia pernikahan mereka menginjak usia 36 hari atau disebut dengan Selapan (bahasa jawa).

Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro, yang merupakan asal dari suami. Namun orang tua Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena usia pernikahan mereka baru berusia 36 hari atau disebut selapan. Namun kedua mempelai tersebut bersikeras pergi dengan resiko apapun yang terjadi di perjalanan.

Ketika di tengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, yang tidak jelas asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati, dan berusaha merebutnya. Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusumo tidak terhindarkan. Kepada para pembantunya atau disebut juga puno kawan yang menyertai kedua mempelai tersebut, Raden Baron Kusumo berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan disuatu tempat yang terdapat di Coban atau air terjun.

Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berlangsung seru dan mereka berdua gugur. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa disebut Rondo.  Sejak saat itulah Coban atau air terjun tempat bersembunyi Dewi Anjarwati dikenal dengan Coban Rondo.  Konon di bawah air terjun terdapat gua tempat tinggal tempat persembunyian Dewi Anjarwati dan batu besar di bawah air terjun merupakan tempat duduk sang putri yang merenungi nasibnya. sumber (sites.google.com)

Akses dan Rute Menuju Air Terjun Coban Rondo Batu Malang


Berjarak 12 km dari Kota Batu atau ± 30 km dari Kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Akses ke air terjun Coban Rondo ini sangat mudah dengan jalan yang sudah beraspal baik.  Jika dari jalan raya arah Batu - Pujon, Malang, setelah melalui jalan yang agak menajak lalu jalan berkelok-kelok dan terkadang tajam, maka akan sampai di puncak perbukitan.  Sebuah papan nama dengan ukuran besar akan memberikan petunjuk untuk belok ke arah kiri keluar dari jalan raya guna menemukan obyek wisata air terjun Coban Rondo. disini ada pertigaan dengan tanda adanya patung sapi ditengah pertigaan tersebut.

Dari patung sapi perjalanan dilanjutkan sekitar empat kilometer untuk sampai ke air terjun Coban Rondo. Pada dua kilometer sebelum masuk kawasan akan ditemui papan bertulisan "Welcome to Wana Wisata Coban Rondo" Kemudian jalanan terus menurun serta suasana hutan semakin terasa. setelah tiba di area yang sangat luas layaknya lapangan sepak bola gubuk-gubuk para penjual jajanan khas malang akan menyambut para wisawan yang berkunjung dan berbagai jenis kendaraan berjajar.

Serta sapaan hewan liar seperti lutung dan monyet seakan menyapa para wisatawan yang datang. Di situlah terminal akhir pengunjung berkendaraan. Selanjutnya dengan sedikit melintasi tanjakan tak kurang dari dua menit sampailah ke titik air terjun bersejaah yakni Air Terjun Coban Rondo Batu Malang.

Untuk tiket masuk wisata air terjun caban rondo hanya dengan Rp. 15.000 per orang dan untuk biaya parkir roda empat Rp. 10.000 sedangkan roda dua Rp. 3.000. tiket tersebut sangat murah sekali ketika menyaksikan keindahan dan pesona air terjun coban rondo.

Itulah sedikit informasi tentang artikel Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang semoga bermanfaat dan menjadi referensi untu anda yang berada di kota batu ataupun anda yang sedang liburan di kota wisata batu malang, untuk pemesanan paket city tour batu malang, paket wisata bromo, wisata bromo batu malang, dan wisata bromo kawah ijen, serta sewa jeep bromo dan penginapan bromo murah silahkan hubungi Kontak Kami.

Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: