Tumpak Sewu | Coban Sewu, Niagara Tersembunyi Di Jawa Timur

Advertisement

Air Terjun Tumpak Sewu | Coban Sewu

Tumpak Sewu | Coban Sewu - Secara administratif Coban Sewu terletak dialiran sungai Glidih yang terletak diperbatasan Kecamatan Ampelgading Malang dan Kecamatan Pronojiwo Lumajang. pertanyaannya kemudian mengapa coban ini memilki 2 (dua) Nama yang berbeda yakni Coban Sewu dan Tumpak Sewu, sebernarnya Juga ada akses dua pintu masuk yakni melalui kabupaten lumajang serta malang, jika kita masuk menuju air tersebut melalui jalur lumajang air terjun ini bernama Tumpak Sewu begitupun sebaliknya jika masuk dari kabupaten malang - ampelgading maka dengan nama Coban Sewu begitulah masyarakat menyebutnya. coban atau tumpak berarti "air terjun" kemudian sewu yang berarti "seribu" jadi air terjun seribu, Mengapa seribu karena aliran air dari atas sangatlah banyak sepanjang tebing serta sangat tinggi sampai-sampai terasa seram ketika kita berada diatas disaat menyaksikan indahnya aliran air dari atas tebing.

http://www.wisatabromo.my.id/

Tumpak Sewu | Coban Sewu sebenarnya belum lama terkenal dan sebelumnya memang sengaja di sembunyikan oleh warga sekitar dengan kekhawatiran tidak dirawat oleh pemerintah daerah seperti Goa Tetes yang satu arah menuju air terjun Tumpak sewu via Lumajang. setelah adanya wisata baru lumajang yang terkenal dengan sebutan datas awan yakni Puncak B29 Argosari itu sangat di perhatikan pemerintah maka mulailah tempat wisata baru ini dikenalkan kepada para travelling. dan wisata air terjun ini sangatlah cocok untuk anda para wisatawan yang senang dengan petualangan di karenakan untuk menuju titi lokasi air terjun ini tidak mudak perlu perjuangan nan sangat menguras tenaga, tentunya juga ekstream. akan tetapi setelah tiba dilokasi akan terbayar semua kelelan itu.

Obyek Wisata didua kabupaten ini kini sudah menjadi kunjungan wisata favorit masyarakat lumajang dan malang, dan menurut kami wisatabromo.my.id inilah air terjun terindah di jawa timur nan harus anda eksplore, karena selain air terjun ini lebar dan juga sangat tinggi layaknya niagara yang ada di amerika, dan inilah niagaranya indonesia.

Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu | Coban Sewu

Jika anda dari kota malang silahkan ikuti petunjuk jalur menuju bululawang - dampit dan lumajang karena lokasi air terjun ini berbatasan dengan lumajang, perjalanan dari malang dengan jarak -+70km atau 2 jam, perjalanan menuju coban sewu sangtlah indah karena disitu anda akan melihat tingginya puncak gunung semeru yang merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, setelah tiba di perbatasan malang - lumajang anda bisa bertanya kecamatan ampelgading, didesa ampelgading sendiri sudah disediakan rest area serta warung makan, jadi jika anda kelaparan bisa mampir sejenak untuk menyamtap makanan, khas masakan masyarakan didekat lokasi, setelah istirahat sejenak kemudian melanjutkan menuju lokasi, dari tempat parkir mulailah petualangan ekstream, pertama akan melewati tumbungan segon, dan kebun kopi, lalu bertemu dengan jalan yang sudah agak turun, kemudian post terahir, juga tersedia warung yang dikelola warga sekitar, disinilah pertama kali anda akan menyaksikan indahnya terjunan air dikaki gunung semeru, perjalanan masih belum berahir disini akan anda temui tangga yang tidak ketemu ujungnya dimana, disitulah jalur menuju pusat titik kucuran, selain exstream tangga tersebut terbuat dari pohon bambu yang dirakit oleh warga sekitar untuk memudahkan (kata masyarakat sekitar) menuju titik lokasi, perasaan takut, letih dan capek akan terbayar ketika melihat keeksotisan dari pesona tumpak sewu ini.

Jika anda dari jalur lumajang , sebenarnya juga sama silahkan anda untuk menuju perbatasan Lumajang dan Malang melalu pasirian dan terahir pronojiwo kemudian setelah tiba di desa sidomulyo dekat dengan tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kota Malang, sekitar 100 meter sebelum tugu perbatasan terdapat gang turun pada kiri jalan jika kita dari arah Lumajang atau ikuti jalan menuju goa tetes. kemudian barulah anda bisa memarkir kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan oleh warga sekitar, Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak, dengan turun setelah itu kemudian bertemu dengan aliran air sungai ikuti jalan tersebut searah aliran. sekitar 200 meter dengan keindahan tebing dan bebatuan yang licin, usahakan hati2, 

Wisata yang satu ini berbeda dengan lainnya, karena tergolong wisata ekstrim nan identik dengan petualangan. Kita harus menyusuri sungai, naik turun ditebing nan licin penuh lumut. Harus ekstra hati-hati untuk melewatinya, oleh karena itu wisata ini juga bisa dibilang wisata yang ekstrim.

Tapi tenang saja, pengorbanan dan perjalanan kita tidak akan sia-sia, karena jika sudah sampai kita akan disuguhi pemandangan yang begitu eksotis. Kejernihan airnya dan tempat yang masih terjaga keasriaannya. obyek wisata ini sangatlah cocok untuk mereka nan hobi dengan fotografi serta petualangan.

Tips Menuju Air Terjun Tumpak Sewu | Coban Sewu

Berikut saya sertakan juga tip-tip yang bisa anda gunakan sebagai bekal untuk menuju lokasi. Saran ini diharapkan membantu anda nan ingin segera membuktikan sendiri kecantikan alam susur sungai yang komplit di Pronojiwo. Yang perlu diperhatikan antara lain:

Sandal / sepatu outdor
Harga mati untuk memudahkan langkah kaki. Untuk bisa turun ke sungai menuruni tebing curam dengan medan batuan cadas berlumut yang amat licin, sepatu atau sandal dengan gerigi/paku sangat disarankan. Boleh juga sepatu boot, lebih kuat dan tahan air.

Disarankan bareng guide
Jangan pernah mencoba untuk mencari jalan sendiri. Jalannya sulit diprediksi dan sebenarnya memang tidak ada. Utamakan kesana dengan orang yang pernah kesana sebelumnya. Jikalau tidak ada, berhati-hatilah di jalan. Kalau ragu tanyakan pada warga / tukang parkir / wisatawan lain. Bisa juga memakai jasa guide.

Amankan alat elektronik
Bungkus alat elektronik dengan plastik double kalau bisa. Masukkan dalam tas. Dan bungkuslah tasnya juga. Kita bukan sedang jalan di trotoar kampus, kita sedang menuruni air terjun dan menyusuri sungai serta menengadahkan diri dibawah desing angin yang membawa butir-butir air yang siap merusak alat-alat elektronik tak tahan air.

Tali akan sangat membantu
Kalau rombongan rame-rame, patut kiranya membawa tali. Selain lebih aman, bisa terlihat lebih kompak, bukan?

Makanan dan minuman
Ini alam liar, jangan bayangkan ada jualan cilot anget-anget di objek wisata. Jangan pula berharap air bersih untuk diminum, ini aliran dari sungai yang diatasnya ada penduduk, bos. Bawalah camilan dan air mineral botolan secukupnya, agar piknik semakin bernyawa.

Demikian Postingan tentang infomasi wisata baru jatim, semoga bermanfaat dan menjadi referensi liburan di ahir pekan, untuk pemesanan paket wisata bromo, city tour batu malang, paket wisata bromo malang, paket wisata bromo kawah ijen serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami.


Artikel Terkait:
Cheap Flights
Berlangganan dan dapatkan info wisata gratis

Silakan isikan email anda untuk mendapatkan update terbaru melalui email.