Konservasi Alam Taman Nasional Baluran

Advertisement

Taman Nasional Baluran

http://www.wisatabromo.my.id/2015/11/taman-nasional-baluran.html
Taman Nasional Baluran sebagai salah satu kawasan konservasi yang didalamnya memiliki berbagai macam flora dan fauna dan ekosistem memiliki beragam manfaat baik manfaat bersifat tangible (dalam pemanfaatan skala terbatas) maupun manfaat yang bersifat intangible, berupa produk jasa lingkungan, seperti udara bersih dan pemandangan alam.

Kedua manfaat tersebut berada pada suatu ruang dan waktu yang sama, sehingga diperlukan suatu bentuk kebijakan yang mampu mengatur pengalokasian sumberdaya dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan dan aspek sosial ekonomi masyarakat sekitarnya.

Taman Nasional Baluran memiliki beberapa obyek dan daya tarik wisata alam yang cukup beragam, terdiri dari kombinasi berbagai bentang alam mulai dari ekosistem laut hingga pegunungan, savana, dan keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan. Beberapa daerah di Taman Nasional Baluran yang sering dikunjungi wisatawan dan masyarakat untuk berbagai keperluan terutama yang dimanfaatkan sebagai daerah tujuan wisata antara lain: Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Evergreen Forest, Bekol, Bama, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean, dan Candi Bang.

Adapun wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran meliputi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Dari berbagai obyek wisata yang ada di Taman Nasional Baluran sebagian telah dikembangkan menjadi produk wisata yang sangat menarik dan diperhitungkan keindahan destinasi wisatanya.


Seperti apa wisata yang ada di taman nasional baluran baiklah akan kami ulas berikut ini:

Savana Bekol

http://www.wisatabromo.my.id
Savana Bekol sebagai salah satu obyek wisata alam andalan Baluran memiliki luas kawasan ± 300 Ha yang meliputi hamparan savana alami terluas di Pulau Jawa, dengan latar belakang Gunung Baluran menjadikan pengunjung serasa berada di Afrika. dan sering kita dengan Afrikanya Indonesia :D

Apabila ingin melihat panorama Savana Bekol secara keseluruhan, pengunjung dapat naik ke menara pandang, dan akan mendapatkan panorama yang indah. Dengan bantuan binokuler, pengunjung dapat melihat savana Bekol dari atas menara sekaligus melihat pantai Bama dan Gunung Baluran. Selain panorama, pengunjung dapat melihat atraksi satwa setiap harinya terutama pada pagi dan sore hari.

Adanya tanaman Acacia nilotica yang menginvasi  savana, dalam perkembangannya memiliki fungsi yang penting sebagai sumber pakan satwa herbivor pada saat musim kemarau.

Tempat ini berjarak ± 12 km dari pintu masuk Baluran, dan pengunjung dapat menjangkaunya dengan kendaraan sepeda motor maupun mobil. Sepanjang jalan menuju Bekol, pengunjung dapat menjumpai burung merak, ayam hutan  dan berbagai jenis burung. yang seakan menyabut para wisatawan yang datang ke Taman Nasional Baluran.

Pantai Bilik Sejile

http://www.wisatabromo.my.id
Bagi pengunjung yang menginginkan ketenangan, Pantai Bilik Sejile merupakan tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pantai berpanorama indah ini terletak di sebelah utara wilayah perairan Taman Nasional Baluran.

Selain tenang dan bersih dari polusi, pantai ini akan tampak khas pada saat air laut surut, karena akan tampak daratan berpasir putih yang berbentuk menyerupai lidah, sehingga dinamakan Sejile (bahasa Madura) yang berarti lidah.

Selain panorama pengunjung dapat melihat pemandangan bawah air yang menakjubkan. Terumbu karang yang masih utuh serta aneka ikan hias menjadikan pemandangan bawah laut pantai ini telah terkenal di kalangan turis mancanegara. Di sekeliling pantai ini terdapat juga panorama hutan mangrove yang menarik untuk dijelajahi.

Pantai Bilik dan Sejile dapat dicapai melalui jalan darat (pintu masuk SPTN W II Karangtekok) maupun jalan laut dengan menggunakan perahu.

Pantai Bama

http://www.wisatabromo.my.id
Pantai Bama juga berada di Taman Nasional Baluran dan pantai bama juga memiliki keindahan menarik, sambutan kawanan kera abu-abu ekor panjang. Pantai Bama, selain dikenal sebagai pantai dengan air jernih dan hamparan pasirnya yang putih, ternyata juga menjadi habitat bagi sekawanan hewan liar, seperti kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur.

Keunikan Pantai Bama yang lain adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan eksotika tumbuhan mangrove dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang. Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan aktivitas memancing.

Selain dikenal dengan berbagai keunikannya, Pantai Bama juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang wisata, seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, hingga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya. Menurut pengelola Taman Nasional Baluran, Pantai Bama kerap menjadi destinasi wisata unggulan di Situbondo dengan pemandangan matahari terbit dan pemandangan bawah laut yang menawan

Gunung Baluran

http://www.wisatabromo.my.id
Untuk anda yang suka petualang dan adventure menjelajahi gunung baluran juga sangat menarik untuk di lakukan ketika berada di kawasan Taman Nasonal Baluran Ini, gunung berketinggian  ± 1.240 m dpl, sangat berbeda dengan pegunungan yang lain artinya ketika kita bernjak mendaki dengan di temani petugas Taman Nasional Baluran, Di atas Gunung Baluran pengunjung dapat menemui kaldera sepanjang ± 600 m dan sumber mata air Kacip yang tidak pernah kering sepanjang tahun. ingin ber uji nyali di gunung baluran yuk datang saja di kekayaan wisata Alam Jawa Timur, :D

Itulah Sedikit artikel tentang informasi Taman Nasional Baluran semoga bermanfaat dan menjadi referensi liburan di ahir pekan anda, untuk pemesanan paket wisata bromo murah, wisata bromo batu malang, wisata bromo kawah ijen, serta sewa jeep bromo dan penginapan bromo murah silahkan hubungi Kontak Kami.

Taman Nasional Baluran


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: