Songa Rafting Pekalen Probolinggo

Advertisement

Songa Rafting Pekalen Probolinggo

Songa Rafting Pekalen Probolinggo - Songa Rafting atau Wisata Arung Jeram merupakan wisata adventure, Sungai Pekalen Atas ini masih sama terletak di desa Ranu Gedang, kecamatan Tiris, kabupaten Probolinggo, propinsi Jawa Timur.

Trip Rafting di Sungai Pekalen berasal dari Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter dan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter. Trip Sungai Pekalen Atas ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk berarung jeram dibandingkan dengan Pekalen Bawah.

Songa Rafting Pekalen Probolinggo


www.wisatabromo.my.id


Trip Sungai Pekalen Probolinggo mempunyai Nuansa yang berbeda dibantingkan dengan rafting yang ada diindonesia pada umumnya dan Jawa Timur khususnya, selain tripnya yang cukup panjang 12 Km juga memiliki dayak tarik tersendiri air sungai yang bersih dan alami serta hutan dengan kicau burung yang serasa berada dan menyatu dengan alam bebas,

bukan hanya itu Songa Rafting Juga memiliki Beberapa air terjun yang sangat bagus untuk dijadikan kenangan tersendiri serta Bau menyengat dari goa kelelawar menghiasi sepanjang trip Songa Atas atau Songa Rafting Pekalen ini.

Rute Menuju Songa Rafting Pekalen Atas

Untuk menemukan lokasi basecamp dari Songa atau Noars tidaklah begitu sulit karena dari jalan raya Probolinggo tinggal melihat papan petunjuk besar yang terletak di pinggir jalan. Dari jalan raya ini harus menempuh jarak sekitar 15 km untuk sampai ke basecamp.

Sayangnya kondisi jalan menuju kesana tidak begitu bagus, sehingga mau tidak mau memaksa para pengunjung terlebih dahulu harus berarung jeram melawati jalan akses yang berlubang-lubang. Perjalanan dari jalan raya sampai ke basecamp ini memakan waktu sekitar 1 jam.

Tiba di basecamp, peserta akan dipersilahkan dulu beristirahat sejenak sambil disuguhi makanan kecil berupa pisang rebus dan minuman yang dinamakan Poka, yang terbuat dari teh dicampur jahe, keningar dan kayu manis. Diberi kesempatan juga untuk berganti pakaian dengan pakaian yang memang siap untuk basah karena pasti akan terciprat derasnya air sungai.

Para penikmat wisata arung jeram dilengkapi pelindung keselamatan seperti helm dan jaket pelampung, serta dipandu oleh seorang guide yang telah terlatih dan berpengalaman. Perahu karet yang dipakai adalah jenis inflatable raft yang memang diperuntukkan untuk melewati jeram dengan aman karena berisi udara yang dapat meredam benturan antara badan perahu dengan bebatuan jeram.

Sebelum berangkat peserta akan diberi penjelasan singkat tentang cara berarung jeram. Disini peserta akan dikenalkan dengan beberapa istilah yang dipakai. Seperti “Maju” yang berarti mendayung maju, “Mundur” yang berarti mendayung mundur, “Stop” berarti berhenti mendayung, “Kiri Mundur” yang berarti pendayung kiri mendayung mundur dan pendayung kanan tetap mendayung maju, “Kanan Mundur” berarti pendayung kanan mendayung mundur dan pendayung kiri tetap mendayung maju, “Pindah Kiri/Kanan/Belakang” yang berarti peserta harus pindah duduk ke arah yang diperintahkan dan yang paling penting yaitu “Boom” yang berarti peserta harus duduk dilantai dalam perahu dan mengangkat dayungnya menghadap ke atas – ini dilakukan apabila melewati jeram yang sangat deras dengan dinding samping yang sangat sempit.

Untuk menuju ke lokasi, peserta akan dinaikkan mobil pickup terbuka. Dengan posisi berdiri dapat menampung sekitar 12 orang dan harus berpegengan erat di pegangan pinggir mobil karena jalan yang dilalui lumayan menanjak naik turun. Sesudah turun dari mobil, peserta harus menyusuri jalan setapak yang lumayan jauh dan curam, sehingga stamina banyak terkuras disini.Inilah tantangannya!!

Itulah Sedikit Pencerahan Untuk anda yang mau Wisata Arung Jeram di Sungai Pekalen Probolinggo, perlu diingat jarak antara wisata bromo dan wisata arung jeram songa pekalen ini tidaklah jauh dengan durasi 1,5jam sudah bisa sampai di Camp Songa Rafting Trip Atas, Sempatkan dan cobalah jika anda mengambil Paket Wisata Bromo untuk sekalin Beradveture di Sungai pekalen ini.

Songa Rafting Pekalen Probolinggo


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: