Rute dan Pesona Alam Gili Ketapang, Pulau Kecil Di Probolinggo

Advertisement

Pulau Gili Ketapang Probolinggo

http://www.wisatabromo.my.id/2016/05/pulau-gili-ketapang-probolinggo.html
Gili Ketapang adalah pulau kecil banyak menyimpan sejuta pesona nan bisa dijadikan tempat wisata menarik serta akan membuat para traveler berdecak kagum dengan keindahannya. Pulau Gili hanya berjarak 8 km dari lepas pantai utara kota Probolinggo dan berada diselat Madura. Secara administratif, Gili Ketapang masuk dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Probolinggo.

Untuk menghubungkan pulau tersebut dengan dataran Jawa, terdapat perahu motor untuk menyebrang melalui Pelabuhan Probolinggo yang biasa dikenal dengan sebutan Pelabuhan Tanjung Tembaga, dengan lama perjalanan sekitar 40 menit. Dipulau seluas 68 hektar tersebut dihuni sekitar 7.900 jiwa, kebanyakan merupakan suku Madura. serta pulau ini sangat cocok untuk dijadikan referensi liburan, digabungkan dengan wisata bromo, songa rafting pekalen selama anda melakukan liburan city tour probolinggo.

Menurut cerita masyarakat setempat, dahulunya Gili merupakan satu kesatuan bersentuhan dataran Probolinggo, tepatnya dengan Desa Ketapang dan hanya dipisahkan dengan sungai. Namun karena gempa sebagai akibat dari meletusnya Gunung Semeru, daratan tersebut kemudian terpisah sejauh 5 mil menuju tengah laut.

Akhirnya dataran terpisah tersebut diberi nama dengan Gili Ketapang, diambil dalam bahasa Madura dimana Gili berarti mengalir dan Ketapang merupakan nama desa kala masih bersatu dulu. Sehingga bila diartikan berarti Ketapang yang mengalir. Bahkan menurut kepercayaan masyarakat, sampai saat ini pun semakin menjauh secara perlahan ke tengah laut. itu sih menurut cerita yang tidak tertulis. ^_^

Pulau yang berada diprobolinggo ini memiliki keunikan tersendiri bagi saya. Keramahan masyarakatnya sangat terasa, Masyarakat disini cukup murah senyum, serta ramah kepada para pendatang. Namun perlu diingat, sebagian besar masyarakat disini hanya bisa berbahasa Madura, mereka tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia, walaupun mengerti artinya.

Sebagian besar penduduk Gili  menggantungkan hidupnya di laut sebagai nelayan. Setiap pagi para nelayan saling bahu membahu menarik perahu nelayan yang datang dari melaut. Sebagian dari ikan-ika segar tersebut dikeringkan secara bergotong royong serta semakin meningkatkan kesan sebagai perkampungan nelayan.

Tak mengherankan banyak warga menjadi nelayan karena pulau ini dikelilingi dengan lautan yang masih bersih sehingga menjadi rumah nan nyaman bagi berbagai jenis ikan. Air lautnya berwarna biru jernih bepadu dengan pasir pantai berwarna putih bersih. Ombak pantainya pun cukup tenang sehingga cukup aman bermain air ataupun berenang disana. bukan hanya itu dipulau ini juga bisa untuk wisata snorkeling seperti dikarimun jawa, pulau menjangan banyuwangi, serta ada juga wisata religi yakni Goa Kucing.

Pesona Alam Pulau Gili Probolinggo

Pada dasarnya dipulau ini adalah perkampungan atau bisa dikatakan kampung nelayan karena masyarakat kebanyakan perekonomiannya tergantung pada hasil laut, namun disisi lain ada destinasi wisata alam, serta religi yang harus dinikmati para wisatawan, tidak heran namanya laut pastinya indah, menawan seperti pulau yang berada dikabupaten probolinggo ini.

Snorkeling Pulau Gili Ketapang Probolinggo

http://www.wisatabromo.my.id


Gili Ketapang Memilki pesona alam nan indah serta menawan, pasir putih nan indah sangat cocok dijadikan untuk bermain serta memilki ombak yang relatif kecil karena berada dideretan laut utara, selain itu juga memiliki air laut yang sangat jernih serta kelihatan karang - karang laut dan ikan warna warni serta sangat cocok dijadikan tempat untuk menyelam menikmati keindahannya biasa disebut dengan "Snorkeling". selain itu disini sangat cocok dijadikan untuk tempat wisata memancing, karena ikan disini sangat luar biasa, mengingat dipulau gili adalah karang, jadi ikan-ikan disini bermacam-macam, yang paling sering ditemui adalah ikan kerapu, luar biasa bukan ^_^

Namun sedihnya lagi wisata dipulau ini juga kurang dikembangkan, berbeda pada Kepulauan Seribu ataupun Kepulauan Karimunjawa. Padahal dipulau kecil ini juga memiliki wisata lain dan memiliki nilai sejarah. Sebuah tempat bernama "Goa Kucing", berbentuk rumah dengan goa didalamnya merupakan makam salah seorang ulama yang berperan dalam penyebaran agama Islam disana. Syech Maulana Ishaq, nama ulama tersebut, memiliki ribuan kucing sehingga makamnya pun disebut dengan nama Goa Kucing. Tak jauh dari lokasi goa ini terdapat lagi pantai yang meski dipenuhi dengan batu-batu karang namun tetap terlihat bagus dengan airnya berwarna biru jernih. Jadi tunggu apalagi, yuk jelajahi Gili ketika berada diprobolinggo dan melakukan perjalanan city tour probolinggo, si kecil nan tak kalah cantik dengan gili-gili diLombok.

Rute Menuju Pulau Gili Ketapang

Untuk menuju Gili sangatlah mudah, jika dari kota Surabaya/Malang, bisa menggunakan bus atau kereta api turun didaerah terminal Probolinggo, atau yang naik kereta bisa turun distasiun probolinggo. sedangkan tarif angkutan umum dengan bus Rp25.000. Dari terminal Probolinggo menuju ke dermaga Tanjung Tembaga saya pakai jasa ojek tarif ojek Rp30.000, tanjung tembaga naik kapal angkutan umum Rp10.000. relatif murah bukan,

Tips menuju Pulau Gili

Saat traveling kePulau ini usahakan jangan lupa bawa tabir surya karena cuaca sangat panas selain itu bawa pula air mineral, cemilan, topi, p3k, serta paling penting jaga sopan santun karna warga Gili mayoritas orang Madura jika kita sopan maka bagi mereka adalah saudara Jangan lupa juga cari informasi sebanyak mungkin tentang Gili, karena ada satu momen dimana jika kamu beruntung, kamu akan bertemu dengan hiu tutul ditengah perjalanan.

Itulah Seidkit Informasi Tentang Pulau Gili Ketapang Probolinggo, Semoga bermanfaat dan menjadi tujuan liburan akhir pekan anda. untuk pemesanan paket wisata bromo, wisata snorkeling pulau gili, paket wisata bromo malang, paket wisata bromo kawah ijen, serta sewa jeep bromo silahkan hubungi Kontak Kami.

Pulau Gili Ketapang Probolinggo